Ilustrasi

Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) saat ini tengah dalam proses penilaian dan validasi seleksi tahap 1 angkatan 9 dan 10. Ibu bapak guru yang telah mengisi CV, menulis esai, mengunggah RPP dan mengirim berkas, kemudian dinyatakan lolos, maka tahap berikutnya adalah menyiapkan diri untuk menghadapi seleksi tahap 2. 

Merujuk pada linimasa rekrutmen calon pengajar praktik, pengumuman seleksi tahap 1 diperkirakan pada minggu pertama Februari 2023.

Seleksi tahap dua mencakup simulasi mengajar dan wawancara. Kedua sesi tes ini dijadwalkan dilaksanakan pada minggu kedua sampai minggu terakhir Februari 2023. Pengumuman seleksi tahap 2 dijadwalkan pada minggu pertama Maret. Pendidikan Guru penggerak angkatan 9 akan dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 30 November 2023. 

Nah, sesuai dengan jadwal ini, ibu bapak calon guru penggerak angkatan 9,10 perlu menyiapkan diri dengan baik, terutama untuk melakukan simulasi mengajar dan wawancara. 

Mari kita review bersama, mulai dari tahapan pertama yakni simulasi mengajar. Beberapa hal yang wajib dicermati adalah memastikan jadwal simulasi mengajar di SIM PKB, menyiapkan peralatan laptop, smartphone, pulsa data dan tentu saja koneksi internet yang stabil. 

Sesi simulasi mengajar dilakukan via google meet atau zoom meeting. Penggunaan smartphone akan lebih ideal didukung dengan perangkat tripod. Gunakan ruangan dengan pencahayaan yang baik dan bebas dari suara bising. 

Jangan lupa mempelajari RPP yang telah di upload ke guru berbagi, khususnya terkait tahapan pembelajaran. Durasi simulasi hanya 10 menit, sehingga ibu bapak guru harus memaksimalkan waktu yang tersedia. 

Upayakan sebisa mungkin menggunakan media pelajaran yang relevan dengan materi belajar. Karena keterbatasan waktu, maka penggunaan infocus cenderung tidak terlalu urgen.

 Ibu bapak guru bisa menggunakan kertas karton putih ditempel ditembok sebagai pengganti papan tulis. Sekolah yang memiliki internet bagus, maka simulasi di ruang kelas akan lebih nyaman, tetapi ingat tanpa murid. 

Saya menggaris bawahi, ibu bapak wajib mengikuti tahapan kegiatan pembelajaran yang termuat di RPP.  Karena kita mengajar kelas kosong, maka secara psikologis membuat kita agak canggung.

Karenanya, kepercayaan diri penting untuk mengurangi rasa grogi. Upayakan tatapan mata saat mengajar tertuju pada kamera. 

Untuk menyesuaikan waktu yang hanya 10 menit, maka sangat disarankan untuk melakukan latihan sebelum menjalani simulasi mengajar. 

Proses simulasi mengajar akan diawasi oleh dua orang asesor. Setelah selesai simulasi, akan ada sesi tanya jawab dari keduanya berkaitan dengan proses simulasi maupun RPP. Pada sesi diskusi ini, biasanya asesor meminta calon guru penggerak menunjukan KTP asli, karenanya KTP wajib disiapkan. 

Berusahalah membuat diri nyaman selama sesi tanya jawab. Pahami pertanyaan asesor dan jawablah secara efektif dan meyakinkan. Hindari penggunaan kata 'mungkin' 'tidak tahu' dan kata atau frase sejenisnya yang mencerminkan keragu-raguan dalam diri kita.

Kuncinya pelajari materi pembelajaran dalam RPP, kuasai prosesnya dan pahami instrumen penilaian. 

Terakhir, yakinkan para asesor dengan penampilan menarik, komunikasi yang santun dan attitude yang baik. Salam dan bahagia. Jumpa lagi di ruang berbagi untuk sesi wawancara. 




Post a Comment