Narasumber dan guru-guru SMAN Sabun dan SMKN Sunu



Manajemen SMA Negeri Sabun dan SMKN Sunu di Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan menggelar In House Training (IHT) dengan tema utama Implementasi Kurikulum Merdeka. 


Kegiatan berlangsung selama tiga hari pada Senin-Rabu, 29-31 Juli 2024 bertempat di SMAN Sabun. Peserta IHT merupakan guru -guru SMAN Sabun dan SMKN Sunu. Kerja kolaboratif ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Koordinator Pengawas SMA/SMK kabupaten TTS, Jeremias P. Pelle, M.Pd, yang membawakan materi gambaran kebijakan Kurikulum Merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan asesmen pembelajaran. 

MN Aba Nuen saat menyajikan materi membuat KKTP

Narasumber lain yaitu MN Aba Nuen, pengajar praktik pendidikan guru penggerak dari SMAN Kualin, yang menyajikan materi menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) serta merancang modul ajar dan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KTP).


Pelaksana tugas Kepala SMAN Sabun, Gidalti Kamlasi, S.Pd.Gr. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan kapasitas guru, untuk menerapkan kurikulum Merdeka di sekolahnya pada tahun pelajaran 2024/2025.

Peserta IHT saat menyusun perangkat pembelajaran

Sementara pelaksana tugas Kepala SMKN Sunu Ismael Mone, mengatakan untuk menimba ilmu, Ia bersama guru-guru rela datang dari Sunu, dan menginap di Desa Sabun selama berpartisipasi dalam IHT. 


Jeremias Pelle selaku korwas SMA/SMK, kabupaten TTS dalam arahan, juga mengingatkan peserta IHT tentang pentingnya kolaborasi, sharing dan diskusi diantara guru-guru termasuk melalui kegiatan seperti IHT. 

Post a Comment