Guru-guru SMAN Kualin peserta lokakarya IKM di Aula Hotel Suka Jadi Soe, 24-26 September  2024

Manajemen SMA Negeri Kualin melaksanakan penguatan kapasitas guru-guru, melalui kegiatan Lokakarya Penerapan Kurikulum Merdeka di Aula Hotel Suka Jadi Soe. 


Lokakarya digelar selama tiga hari,  pada Selasa-Kamis, 25-27 September 2024. Kepala SMA Negeri Kualin, Weyanus  Beti, S.Pd. saat pembukaan menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan koneksi internet, sementara lokasi SMAN Kualin belum memiliki jaringan internet. Karenanya, kegiatan dilaksakan di Soe, untuk memudahkan guru-guru dalam mengakses internet saat merancang perangkat pembelajaran. 


"Selain menyusun perangkat ajar, peserta lokakarya juga mengakses internet untuk mengisi Survey Lingkungan Belajar dan mengikuti pelatihan mandiri dengan beragam topik di Platform Merdeka Mengajar. Guru SMAN Kualin peserta lokakarya sebanyak 31 orang dan semuanya menginap di Hotel Suka Jadi."

Kepala SMAN Kualin, Weyanus Beti, S.Pd.


Ketua panitia lokakarya penerapan  Kurikulum Merdeka, Mariana O. Banfatin, S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan kali ini didesain dengan memanfaatkan koneksi internet, sehingga panitia memilih lokasi di Soe. Selain itu, untuk menghasilkan output lokakarya berupa modul ajar, modul P5 dan instrumen-instrumen asesmen, maka kegiatan didesain dengan mempertimbangkan layanan internet. 


Lokakarya ini difasilitasi oleh Sendi Paliama, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMA Negeri 1 Kupang, yang membawakan materi merancang modul P5 dan asesmen kurikulum merdeka.  Selain itu, Mariana Banfatin, MN Aba Nuen dan Aplonia Besi, ketiganya merupakan guru penggerak SMAN Kualin yang membawakan materi menganalisis CP, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun ATP dan membuat modul ajar. 


Kegiatan ini dibiayai dari anggaran BOS kinerja SMAN Kualin tahun 2024. Sumber anggaran tang sama juga dipakai untuk menggelar lokakarya penulisan artikel dan karya ilmiah untuk guru-guru SMAN Kualin pada Agustus 2024. 





Post a Comment